Mada Prastya class= Mada Prastya   •   1 minggu lalu

7 Perbedaan Xpander dan Xpander Cross

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross
Perbedaan Xpander dan Xpander Cross

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross bisa ditemui mulai dari bagian eksterior hingga interiornya. Selain itu, ada pula beberapa perbedaan untuk fitur. Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih antara kedua mobil ini wajib simak artikelnya sampai habis.

Sebelum masuk lebih dalam pada review Mitsubishi Xpander ini, sebaiknya kita melihat latar belakang kehadirannya. Tepat pada bulan November 2019, Mitsubishi memperluas produk untuk kategori LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) yang dimilikinya.

Jika sebelumnya mereka sudah memiliki Mitsubishi Xpander, kali ini lahir versi lainnya yang diberi nama Xpander Cross. Dilihat dari konsepnya, model baru ini berusaha mengadopsi beberapa hal yang biasanya dimiliki oleh mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Sekilas, tipe baru ini memiliki penampilan yang lebih gagah. Sehingga wajar saja jika banyak di antara kalian yang naksir untuk memilikinya. Namun dengan posisinya sebagai tipe tertinggi dalam keluarga Xpander maka otomatis harganya menjadi yang paling mahal. Pertanyaannya, layakkah untuk memilikinya?

Salah satu cara untuk menjawabnya adalah dengan melihat perbedaan Xpander dan Xpander Cross dari setiap sisinya, seperti yang CAROLINE.id rangkum dari website resmi Mitsubishi.

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross - Eksterior

1. Eksterior Xpander Cross lebih gagah

Dilihat dari depan, perbedaan jelas bisa ditemui pada desain bumper kedua mobil ini. Tipe Cross memiliki bumper yang terlihat lebih kotak dibanding tipe biasa mobil ini. Kemudian, jika pada tipe MPV grille menggunakan bahan berwarna krom lain halnya dengan tipe Cross yang tampil serba hitam.

2. Lampu tipe Cross sudah LED

Masih dari bagian depan, salah satu keunggulan tipe Cross adalah penggunaan headlight jenis LED. Beda halnya dengan tipe biasa yang masih menggunakan bohlam halogen. Hal ini otomatis membuat tipe baru tersebut tampil lebih modern dan safety.

3. Ukuran ban lebih besar

Ban yang digunakan pada tipe baru ini juga lebih besar, yaitu 17 inci. Sedangkan pada tipe biasa hanya 16 inci. Selain untuk meningkatkan penampilan, penggunaan ban lebih besar ini juga pastinya untuk membuat mobil lebih siap menghadapi medan jalan yang lebih beragam.

4. Dimensi mobil berbeda

Meski tak seberapa, namun kalian juga harus tahu Mitsubishi Xpander Cross punya dimensi yang lebih besar. Mobil ini lebih panjang 22 mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm).

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross - Ban

5. Ground clearance lebih tinggi

Untuk diingat kembali, tipe Cross berusaha mengadopsi beberapa ciri khas yang dimiliki oleh sebuah SUV. Selain tampilannya, ternyata ground clearance atau jarak body mobil dengan permukaan jalan juga berbeda. Terdapat perbedaan 20 mm yang membuat tipe Cross menjadi lebih jangkung.

6. Interior Xpander Cross didominasi warna gelap

Kemudian jika melihat kabin dari kedua mobil ini maka kalian juga akan melihat perbedaan. Hal yang paling jelas adalah interior Xpander Cross didominasi warna yang lebih gelap. Mulai dari bagian jok, dashboard, hingga pintunya. Sedangkan bagi kalian yang menginginkan interior dengan material kulit, bisa memilih tipe tertinggi, yaitu Xpander Cross Leather Seat Premium Package. 

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross - Interior

7. Fitur Xpander Cross

Jika bicara fitur maka Xpander Cross juga lebih unggul. Wajar, karena posisinya di pasar juga lebih tinggi dibanding Xpander biasa. Salah satu fitur istimewa yang bisa kalian temui, antara lain dual airbags, active stability dan traction control, cruise control, serta hill start assist.

Setelah mengetahui perbedaan Xpander dan Xpander Cross seperti yang sudah dijelaskan, semoga kalian lebih memiliki gambaran untuk memilihnya. Hingga saat ini kalian masih bisa memiliki unit baru dari kedua mobil tersebut. Tapi tak ada salahnya juga menengok pasar mobil bekas untuk mendapat pilihan dengan harga yang lebih terjangkau.

>>> Temukan Mitsubishi Xpander atau Xpander Cross bekas dengan kondisi berkualitas

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.