Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   2 bulan lalu

Pertamina Edukasi Pelumas ke Wartawan dan Komunitas

FORWOT Bro Ringo 2019 (istimewa)
FORWOT Bro Ringo 2019 (istimewa)

PT Pertamina Lubricants menjadi sponsor kegiatan touring ke-17, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang berlangsung pada 23-24 November 2019 di Bogor, Jawa Barat. Dalam kegiatan bertajuk ‘Obrolan Ringan Seputar Otomotif’ ( Bro Ringo) itu, Pertamina Lubricants memberikan edukasi mengenai pelumas kendaraan kepada 90 wartawan otomotif dari media cetak dan juga online, serta komunitas. Kegiatan ini di awali dengan perjalanan dari Jakarta menuju Bogor.

Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, “Penting bagi pengendara untuk mengetahui pelumas yang tepat bagi kendaraannya. Melalui Forwot Bro Ringo, kami ingin mengedukasi teman-teman jurnalis dan juga komunitas pentingnya memilih pelumas tepat yang sesuai dengan kebutuhan.”

Salah satu pembahasan yang menarik adalah penggunaan pelumas Diesel seperti Meditran yang bekerja secara optimal dalam fungsi detejensi tinggi, digunakan untuk mesin motor. Mengingat pelumas Diesel memiliki aditif sangat tinggi (TBN) dibandingkan dengan pelumas mesin bensin.

“Penggunaan pelumas mesin Diesel, tidak cocok buat motor sekalipun memiliki viskositas sama. Karena aditif deterjen yang berlebihan bagi mesin motor itu malah jadi ada yang tidak terpakai. Kelebihan aditif itu justru akan menempel pada komponen mesin, seperti piston, katup dan sebagainya. Usia pakai komponen bisa menurun drastis,” ujar Agung.

>>> Baca juga: All New Mazda CX-8 Ditawarkan Dengan Harga Mulai Rp664,8 Juta

TBN (The Base Number) pada pelumas diesel tinggi, karena memang karakter mesin Diesel yang bekerja dalam kompresi tinggi. Ditambah dengan solar yang terkombusi oleh kompresi bukan percikan busi (spark). Sehingga butuh TBN tinggi untuk mencegah agar pelumas Diesel tidak cepat teroksidasi yang merusak performa pelumas.

FORWOT Bro Ringo 2019
Agung Prabowo ketika memberikan pemaparan seputar pelumas (istimewa)

FORWOT Touring Bro Ringo 2019

Selain diikuti oleh Pertamina Lubricants, touring Forwot tahun ini juga didukung Dyandra Promosindo, FIFGROUP, Astra Honda Motor (AHM), Adira Insurance, serta DeRide distributor Alpinestars dan Nolan.

“Touring ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun oleh FORWOT. Selain mempererat silaturahmi antarwartawan otomotif kami berharap kegiatan positif ini juga bisa menambah pengetahuan tentang pelumas kendaraan dan pameran otomotif IIMS Motobike Expo 2019,” kata Ketua Acara Touring FORWOT Bro Ringo 2019, Reza Agis Surya Putra.

Pada touring kali ini, para peserta diajak berdiskusi terkait pelumas kendaraan, serta Dyandra Promosindo yang akan menjelaskan mengenai pameran otomotif roda-dua pertamanya Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019.

Selain itu, Forwot Bro Ringo 2019 dilanjutkan dengan agenda pembagian 30 helm kepada komunitas sepeda motor. Uniknya, setiap helm yang diberikan, masing-masing bertuliskan: “Mau Selamat di Jalan Raya? Harus Tertib Dong, “Gak Usah Lawan Arus. Itu Bahaya buat Kamu dan Orang Lain”, serta “Di Warung Kopi Aja Main HP. Jangan Sambil Naik Motor”. Hal ini dilakukan untuk menyongsong dekade keselamatan berlalulintas pada 2020.

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id