admin class= admin   •   4 bulan lalu

Pilih Mobil Matic atau Manual untuk Pemula?

Pilih mobil matic atau manual mesti ditentukan ketika hendak membeli kendaraan. (Foto: Shutterstock)
Pilih mobil matic atau manual mesti ditentukan ketika hendak membeli kendaraan. (Foto: Shutterstock)

Jenis transmisi menjadi salah satu pilihan bagi pengguna mobil. Masing-masing memiliki penggemar yang saling menganggap bahwa mobil yang digunakan lebih baik. Pertimbangan pilih mobil matic atau manual pun berlaku untuk mereka yang baru berniat mencari kendaraan.

Manual dan matic, keduanya memiliki cara kerja mekanik yang berbeda. Mobil dengan transmisi automatic memang terlihat lebih mudah digunakan, ketimbang manual. 

Bagi masyarakat awam, mobil dengan transmisi matic memang terlihat lebih mudah, namun bukan jaminan bahwa mobil matic adalah yang terbaik. Mari kita ulas untuk masing-masing mobil berdasarkan transmisinya. 

Keunggulan mobil manual

Untuk transmisi mobil manual, pengemudi bisa mengendalikan sepenuhnya transmisi mobil yang dikendarai. Dibutuhkan kelihaian dalam memindahkan setiap giginya yang dipadukan dengan tekanan kopling. Kemudahan auto memang tidak bisa didapatkan pada mobil ini. Meski demikian, mobil dengan transmisi manual selalu dibanderol di bawah harga pasar mobil matic. 

Padahal, jika dilihat dari sisi permintaan, mobil manual tak kalah banyak diminati oleh pengguna mobil ketimbang mobil matic. Beberapa pengemudi memiliki tingkat kepuasan sendiri ketika mengendarai mobil dengan transmisi manual, terutama ketika mengganti setiap gigi. Terkadang, hal ini terlihat keren layaknya film-film action.

Keungulan mobil matic

Hal pertama yang berkesan pada penggunaan mobil dengan transmisi matic adalah kemudahan dalam mengendarai mobil, terutama ketika mengendarai dengan kecepatan yang rendah dan pembawaan yang halus. Selain itu, dengan menggunakan mobil transmisi matic ini pun meminimalisir terjadinya kegagalan dalam memindahkan gigi. Tak heran dengan kemudahan yang diberikan membuat harga mobil matic lebih mahal ketimbang mobil manual.

“Lalu, mana yang lebih baik, apakah dengan kemudahan yang diberikan oleh mobil matic membuat mobil ini dikategorikan sebagai yang terbaik?”

Jika dilihat dari sisi penggunaan bahan bakar, mobil matic tidak lebih efisien dari mobil manual. Salah satu sebabnya adalah putaran mesin mobil manual lebih rendah dalam kondisi idle. Sehingga energi yang dibutuhkan untuk menjalankan mobil tidak begitu banyak.

>>> Baca juga: Ketahui Arti dan Fungsi Kode Huruf Persneling Mobil Matic

Sedangkan, untuk mobil matic membutuhkan energi yang lebih besar, karena dirancang dengan komponen elektrik, sehingga bisa lebih halus pergantian giginya ketika menggerakkan mobil. Mobil matic hanya perlu menggerakkan persneling tanpa menggunakan kopling. Menyesuaikan dengan jalan dan tingkat kecepatan yang dibutuhkan.

Kesan boros pada mobil matic ini mulai berkurang seiring dengan kemajuan teknologi yang mampu memproduksi mobil matic yang lebih irit.

Masing-masing mobil memiliki perawatan yang berbeda. Untuk mobil matic, terkadang memerlukan biaya yang relatif lebih besar. Selain itu, untuk memasang komponen mobil matic juga tidak mudah, sangat rentan karena terdiri dari komponen elektrik. Sedangkan, untuk mobil manual komponen mekaniknya lebih mudah, karena dikendalikan oleh pengemudi. 

Setelah mengetahui bedanya, harapannya Anda tak bingung lagi pilih mobil matic atau manual. Apapun pilihannya kunci agar kondisi selalu terjaga ialah perawatan rutin dan penggunaan yang baik

Banner Jual Mobil Caroline

Penulis: Anita Nur Fitriany

admin class=

admin   •   administrator