admin class= admin   •   4 bulan lalu

Power Window Sering Macet, Ternyata Ini Masalahnya!

Power window sering macet bisa disebabkan sejumlah hal. (Foto: Shutterstock)
Power window sering macet bisa disebabkan sejumlah hal. (Foto: Shutterstock)

Dari beberapa fitur interior mobil, selain audio dan tombol lampu mobil, jendela mobil juga kerap dioperasikan oleh pemilik mobil. Pengaturan jendela mobil dengan menggunakan teknologi elektrik atau dikenal dengan power window sudah ada sejak memasuki era 90-an. Tentu saja hal ini memberikan kemudahan bagi pengguna mobil, karena tidak perlu memakan waktu untuk memutar handle jendela. Namun ada kalanya power window sering macet tanpa diketahui pasti penyebabnya.

Situasi seperti ini pastinya sangat menjengkelkan. Terlihat sederhana, namun menyebalkan. Contoh situasi buruk yang bisa terjadi karenanya ialah mengakibatkan antrian panjang ketika ingin membayar tol atau karcis parkir. Mengapa bisa demikian? Biasanya ada beberapa hal atau komponen yang bermasalah. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, Anda perlu mengecek beberapa bagian, antara lain:

>>> Baca juga: Cara Memilih Oli Mobil Selain Melihat Kadar SAE

1. Periksa sekering

Ketika power window terasa macet atau tersendat, ada kemungkinan bahwa sekering power window mobil Anda korslet. Apabila sekering sudah diganti dan masih terjadi masalah, kemungkinan korsleting terjadi pada komponen lainnya. Karena, sekering memiliki fungsi sebagai pemutus arus listrik dan seharusnya bisa meminimalisir terjadinya korsleting listrik. Apabila sekering tidak berfungsi, maka power window akan mati.

2. Regulator power window bermasalah

Setiap mobil memiliki motor power window untuk menyuplai energi listrik. Motor power window tersebut akan terkoneksi dengan regulator jendela. Apabila Anda menekan tombol ke atas atau ke bawah, kemudian regulator jendela mulai bergerak. Motor power window Anda akan dikatakan buruk apabila ketika Anda menekan tombol tersebut tidak bergerak. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengganti motor power window-nya.

3. Saklar power window

Ketika menekan tombol power window yang terletak di bagian pintu dan kaca jendela tidak bergerak, maka ada masalah terhadap saklar power window Anda. Apabila Anda menekan saklar power window terlalu agresif, hal tersebut dapat mengakibatkan jendela berhenti secara tiba-tiba.

4. Karet kaca kering

Karet kaca yang terdapat di pinggir jendela pintu mobil memiliki fungsi untuk melindungi pergerakan kaca mobil. Apabila Anda menekan tombol power window dan terasa berat, serta kasar ketika bergerak, artinya karet kaca mobil Anda mulai menyusut. Maka, pastikan saja mobil Anda rutin dibersihkan agar debu atau kotoran lainnya tidak berlama-lama mengendap di bagian karet kaca, sehingga tidak merusak bagian tersebut. 

Empat hal tersebut merupakan permasalahan yang kerap dihadapi bagi pengguna mobil dan bisa dilakukan pengecekan secara mandiri. Apabila Anda tidak mengerti terkait dengan mekanik atau otomotif, segera untuk membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya.

Banner Jual Mobil Caroline

Penulis: Anita Nur Fitriyani

admin class=

admin   •   administrator