Mada Prastya class= Mada Prastya   •   1 minggu lalu

Punya Garasi Mobil Perlu untuk Menjaga Kondisi Kendaraan

Garasi mobil dibutuhkan agar mobil tak terpapar langsung sinar matahari. (Foto: Pexels)
Garasi mobil dibutuhkan agar mobil tak terpapar langsung sinar matahari. (Foto: Pexels)

Tengah ramai diberitakan pemilik mobil di Depok, Jawa Barat terancam kena denda hingga Rp2 juta seandainya tak memiliki garasi di tempat tinggalnya. Selain karena alasan keamanan dan ketertiban, memiliki garasi mobil adalah sebuah kebutuhan untuk menghindari kerusakan kendaraan itu sendiri.

Tanpa garasi yang memadai, mobil akan terekspos lingkungan luar sehingga faktor keamanan menjadi lebih rentan. Situasi tersebut juga membuat mobil mengalami kontak langsung dengan matahari atau cuaca. Jika diabaikan sudah barang tentu mobil akan mengalami gangguan kondisi eksterior, baik dalam jangka waktu dekat atau panjang.

Salah satu ancaman yang paling besar adalah paparan matahari langsung karena adanya sinar ultraviolet (UV). Mengutip laman Top Gear, ada beberapa jenis kerusakan yang berpotensi muncul.

Pertama, sinar UV dari matahari berpotensi membuat cat mengalami photodegradation atau pemudaran warna. Solusi singkat untuk masalah ini ialah dengan melakukan pelapisan cat mobil. Seperti halnya yang bisa dilakukan dengan wax, coating, atau wraping.

Namun cara-cara tersebut tak akan bertahan lama. Garasi mobil yang ideal tetap dibutuhkan.

>>> Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan pada Mobil Warna Hitam dengan Benar

Kedua, sinar UV dari matahari juga bisa merusak kondisi komponen lampu kendaraan. Terutama bagian tutup bening yang terbuat dari plastik. Biasanya bagian tersebut akan berubah menjadi lebih kusam jika mobil sering terpapar sinar matahari.

Ketiga, karet-karet yang berada di pintu juga akan lebih cepat mengalami getas jika mobil sering berada di bawah paparan matahari. Karet-karet tersebut memiliki beberapa fungsi, mulai dari menjaga agar air tak masuk ke dalam kabin, menahan debu, hingga mengurangi kebisingan dari luar.

Keempat, risiko yang tak kalah merugikan ialah kerusakan pada interior. Sinar matahari ibaratnya mengirim panas ke dalam kabin ketika mobil sedang diparkir dalam waktu lama. Masalahnya, banyak komponen interior yang terbuat dari plastik, kulit sintetis, dan bahan-bahan lainnya yang rentan terhadap panas. Pemilik mobil yang belum memiliki garasi tertutup disarankan menggunakan kaca film berkualitas yang benar-benar mampu menahan sinar UV menembus kabin.

Selebihnya, memiliki garasi adalah sebuah kewajiban bagi pemilik mobil demi keamanan dan ketertiban lingkungan. Terlebih ada banyak risiko mengancam kondisi kendaraan ketika terlalu sering diparkir di luar.

Banner Jual Mobil Caroline
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.