admin class= admin   •   3 bulan lalu

Risiko Beli Mobil Bekas Banjir, Bisa Bikin Tekor

Mobil bekas banjir biasanya dijual lebih murah, namun jangan mudah tergiur. (Foto: Stock)
Mobil bekas banjir biasanya dijual lebih murah, namun jangan mudah tergiur. (Foto: Stock)

Calon pembeli mobil bekas disarankan waspada dalam memilih kendaraan yang hendak dibelinya. Hal tak terkecuali untuk mobil bekas banjir.

Memasuki curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya banjir di beberapa wilayah. Belakangan ini, wilayah Jabodetabek mengalami dampak banjir akibat hujan yang lebat. Akibatnya, banyak rumah yang terendam, bahkan kendaraan pribadi pun ikut terendam banjir. Lalu, bagaimana dengan nasib kendaraan tersebut? 

Hal ini memang menjadi sebuah ‘PR’ penting bagi pemilik kendaraan untuk memperbaiki kendaraan pribadinya yang terkena banjir. Karena, untuk melakukan servis hingga kendaraan tersebut bisa beroperasi seperti semula membutuhkan biaya yang tak sedikit. Bahkan, ada beberapa yang menjual kendaraannya dengan kondisi apa adanya.

Melihat kondisi tersebut, masih ada beberapa yang membelinya. Tentu saja ada yang mendapatkannya dengan harga pasar mobil bekas yang lebih murah. Tidak sedikit pula yang terggiur untuk beli mobil bekas yang murah tanpa melihat efek yang diterima ketika menggunakan dalam jangka yang panjang. 

Pada dasarnya, kondisi mobil seperti ini tidak akan prima seperti sedia kala. Tidak hanya eksterior dan interiornya yang mengalami kerusakan, yang tak kalah penting adalah bagian mesin yang tidak bisa seutuhnya normal seperti mobil baru. Dampaknya memang tidak dirasakan secara langsung, namun bisa saja dirasakan sekitar tiga bulan setelah pemakaian. 

Bagi seseorang yang mengerti mesin, umumnya menyarankan untuk tidak beli mobil bekas banjir karena dampak yang akan didapatkan bisa terjadi di masa mendatang. Akibatnya, Anda bisa merugi jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk memperbaiki mobil bekas tersebut. Apalagi, jika yang dibeli adalah mobil-mobil baru yang sudah menggunakan sistem komputer akan rumit dan membutuhkan biaya lebih untuk memperbaikinya. 

Belum lagi kalau bagian Electronic Control Unit (ECU) mengalami kerusakan, ini akan menyulitkan pemilik mobil kesulitan.Karena, ECU berfungsi untuk mengoptimasi cara kerja mesin kendaraan. Untuk ECU pada mobil terdapat beberapa ECU yang bisa mengendalikan beberapa fitur di mobil. 

Harga mobil bekas banjir

Parahnya, apabila mesin terendam banjir mengalami water hammer, Anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam. Bagaimana tidak? Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki komponen ini kisaran belasan atau puluhan juga. Maka, tak heran jika pemilik mobil bekas banjir lebih memilih menjual mobil mereka. Ternyata, masih ada peminatnya.

Umumnya, memang kecil kemungkinan untuk mengembalikan mobil bekas banjir menjadi normal kembali seperti pertama kali membelinya. Sayangnya, hal tersebut jarang terjadi dan tergantung dari ketinggian air saat banjir melanda. Apabila komponen penting pada mobil tidak terendam, maka mobil masih bisa diperbaiki dengan kondisi normal seperti sedia kala.

Meski demikian, ternyata masih ada beberapa yang tetap beli mobil bekas banjir lantaran mendapatkan penawaran harga yang murah. Berapa penurunan harga yang dialami oleh mobil dalam kondisi bekas banjir? 

Seperti yang dilansir dalam laman CNN Indonesia yang mengatakan bahwa harga mobil bekas banjir bisa mengalami penurunan hingga 20 persen di bawah harga pasar. Sekalipun mobil tersebut sudah mengalami perbaikan pasca banjir, mobil yang ditawarkan akan berada di bawah harga pasar. Bahkan, untuk mobil sekelas kelas pun penurunan harganya lebih parah, yaitu sekitar 20-30 persen di bawah harga pasar. 

Namun tentunya Anda tak boleh tergiur begitu saja. Sebisa mungkin hindari membeli mobil bekas banjir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikannya. Namun di CAROLINE.id Anda tak perlu bingung karena mobil yang dijual telah lulus inspeksi dan dilengkapi sertifikat bebas banjir. Untuk mulai mencari mobil impian Anda, cek halaman Jual Mobil CAROLINE.id!

Penulis: Anita Nur Fitiriany

admin class=

admin   •   administrator