Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Terjawab! 5 Alasan Kenapa Mobil Bekas Eropa Murah

Kenapa mobil bekas Eropa murah? Yuk, cari tahu jawabannya! (Foto: Stock)
Kenapa mobil bekas Eropa murah? Yuk, cari tahu jawabannya! (Foto: Stock)

Ada beberapa alasan kenapa mobil bekas Eropa murah. Pada intinya, harga jual sebuah kendaraan sangat ditentukan seberapa besar permintaan terhadap mobil tersebut di pasar mobil bekas. Bukan berarti mobilnya jelek. Karena kalau melihat spesifikasi atau fiturnya, mobil Eropa justru bisa dibilang sangat unggul.

Keunggulan spesifikasi dan fitur ini terkadang menjadi alasan seseorang untuk membeli mobil bekas Eropa. Sudah dapat mobil yang berkualitas, harganya murah pula. Tentunya hal ini bisa jadi keuntungan tersendiri. Anda juga tertarik untuk memilikinya?

Sambil memikirkan model yang hendak dibeli, ketahui dulu beberapa hal yang secara tidak langsung menjadi alasan kenapa mobil bekas Eropa murah.

1. Perawatan mahal

Onderdil mobil Eropa mahal

Poin ini mesti Anda sadari sejak awal ketika hendak membeli mobil bekas Eropa. Merawat sebuah BMW Seri 5 tentunya akan lebih mahal dibandingkan merawat sebuah Honda Jazz atau Toyota Avanza. Terkadang perawatan yang mahal itu datang dari banderol komponen harga suku cadangnya. Atau man hour pengerjaan sebuah perbaikan karena mobil Eropa terkenal rumit dan sehingga butuh waktu lebih lama untuk perbaikan.

2. Pajak mahal

Pajak mobil Eropa mahal

Alasan lainnya yang membuat mobil Eropa kurang dilirik di Indonesia adalah pajaknya lebih mahal dibanding mobil Jepang. Pajak tersebut harus dibayar setiap setahunnya. Bahkan, jumlah pajak yang harus dibayar bisa jadi lebih besar kalau terkena pajak progresif, yaitu ketika seseorang memiliki dari satu kendaraan.

3. Boros bahan bakar

Bensin mobil Eropa boros

Mobil Eropa boros bahan bakar sebenarnya bisa dimaklumi. Karena kebanyakan mobil-mobil Eropa menggunakan mesin dengan kapasitas yang besar, misal 3.000 cc. Tentunya konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih dibanding mobil yang menggunakan mesin 1.500 cc selayaknya kebanyakan mobil Jepang yang beredar di Indonesia.

4. Jaringan servis terbatas

Perawatan mobil Eropa

Kemudahan akses terhadap jaringan servis resmi tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi sebuah brand. Dan hal ini sudah dimiliki sejak lama oleh brand-brand Jepang. Namun, tidak begitu halnya dengan brand Eropa. Keterbatasan jaringan tentunya membuat orang berpikir dua kali untuk membeli mobil Eropa.

5. Tidak sesuai dengan kebutuhan mayoritas konsumen Indonesia

Mobil Eropa murah

Seolah-olah sudah ada formula khusus agar sebuah mobil bisa laris di pasaran, diantaranya memiliki jumlah tempat duduk 7-seater, mesin bensin 1.500 cc, dan harga berkisar di angka 200 juta rupiah. Bukan tanpa alasan, namun tampaknya memang spesifikasi seperti itu yang dibutuhkan oleh konsumen Indonesia. Sayangnya, syarat-syarat itu sulit untuk dipenuhi oleh mobil Eropa. Membuat peminatnya hanya dari kalangan terbatas.

Terlepas dari alasan-alasan tersebut, bukan berarti mobil Eropa tak pantas untuk dilirik. Karena bagaimanapun juga mobil-mobil Eropa memiliki kualitasnya tersendiri. Ditambah lagi spesifikasi dan fiturnya sangat menggoda. Untuk mencari mobil Eropa berkualitas, Anda bisa cek halaman Beli Mobil CAROLINE.id sekarang juga!

>>> Cari mobil impian Anda di CAROLINE.id!

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.