olga class= olga   •   5 bulan lalu

Test Drive Mobil Bekas, Ini yang Mesti Dilakukan

Test drive mobil bekas bisa membantu Anda mengetahui kondisi mobil. (Foto: Shutterstock)
Test drive mobil bekas bisa membantu Anda mengetahui kondisi mobil. (Foto: Shutterstock)

Test drive mobil bekas akan sangat membantu Anda menemukan mobil yang cocok atau sesuai harapan. Anda tentu bakal merasa lebih yakin jika sudah menjajal sendiri fungsi-fungsi mobil dan memastikan kualitas performa kendaraan yang hendak dibeli. Tak hanya itu, Anda pun bisa menilai apakah harga yang ditawarkan sebanding atau tidak dengan kondisinya.

Berikut langkah-langkah atau pedoman test drive mobil yang perlu Anda perhatikan agar tak ada hal penting terlewatkan. Menguji coba mobil tanpa memperhatikan hal-hal ini bisa jadi tak maksimal dan mengurangi kemungkinan Anda membawa pulang kendaraan yang kondisinya benar-benar prima.

Mulia Test Drive Mobil Bekas dengan Atur Posisi Berkendara

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat hendak melakukan test drive mobil adalah mengatur kursi pengemudi serta mengenakan sabuk pengaman. Sesuaikan juga setelan naik turun setir dengan posisi badan dan tangan. Pastikan Anda bisa duduk serta berkendara dengan nyaman agar test drive berjalan optimal. Saat melakukan segala pengaturan ini, Anda bisa sekalian memperhatikan apakah fitur-fitur yang terkait masih berfungsi atau bekerja dengan baik.

Sebagai catatan, test drive mobil sebaiknya tidak dilakukan dengan mengajak seluruh keluarga atau membawa banyak penumpang. Anda cukup mengajak satu orang saja yang sekiranya paham tentang otomotif dan bisa diajak berdiskusi. Jika terlalu banyak orang, perhatian dan konsentrasi Anda dalam menguji coba mobil dapat terganggu.

Pedoman Test Drive Mobil: Nyalakan Mesin

Apabila posisi di balik kemudi sudah nyaman, Anda bisa mulai menyalakan mesin. Namun, Anda dianjurkan untuk tidak langsung men-starter kendaraan. Putar kunci dan berhentilah pada posisi ‘ON’ terlebih dahulu untuk mengecek lampu-lampu indikator.

Berikutnya, setelah mesin menyala sempurna, perhatikan suara yang muncul. Buka kaca jendela dan dengarkan baik-baik bunyi yang berasal dari mesin kendaraan. Cermati bunyi tersebut dengan seksama. Jika mendengar suara atau bunyi yang aneh, Anda harus mencatat dan mempertimbangkannya karena hal tersebut bisa jadi merupakan indikasi keberadaan masalah pada mesin.

Rasakan Performa Transmisi

Sebelum menjalankan mobil untuk test drive, periksalah kinerja transmisinya. Anda bisa menguji kondisi fungsi fitur tersebut dengan memindahkan transmisi dan mengamati perubahan yang terjadi. Tanda-tanda transmisi yang bebas masalah ada beberapa macam, tergantung jenis transmisi yang dimiliki kendaraan. Untuk mobil automatic dengan transmisi otomatis, perpindahan transmisi ke setiap posisi idealnya tidak membutuhkan jeda waktu lama dan tidak menimbulkan hentakan keras. Untuk mobil dengan transmisi manual, perpindahan transmisi ke setiap posisi idealnya tidak mengalami ‘slip’ atau tersangkut dan tidak membuat kopling terasa dalam saat diinjak.

Anda lalu dianjurkan untuk mulai menjalankan mobil dengan kecepatan konstan. Namun, jangan lupa untuk berkendara sambil tetap mencoba memindah-mindahkan gigi transmisi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa gigi kendaraan masih baik dan aman kondisinya sehingga perpindahan transmisi tidak akan terasa berat, telat, atau kurang bertenaga.

Ilustrasi test drive mobil bekas

Mulai Berkendara dengan Mobil

Selama melaju di jalan dengan kecepatan konstan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, kendarailah mobil sembari menguji kinerja semua fitur dan kondisi interior yang dimiliki. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba buka-tutup kaca jendela, menjalankan wiper, menghidupkan lampu, mengatur air conditioner (AC), ataupun menyalakan radio.

Kedua, bawalah mobil melewati berbagai medan atau jalan yang berbeda-beda tipe supaya Anda bisa mengetahui kondisi rem dan setir kendaraan. Jangan hanya melaju di jalan lurus. Bawalah mobil melewati jalan yang tidak rata untuk mengetahui fungsi atau kondisi kaki-kaki dan rasakan apakah sistem pengereman berfungsi normal atau tidak. Idealnya, mobil tidak akan mengeluarkan suara aneh ketika direm. Sementara itu, untuk mengetahui kondisi setir, beloķkanlah setir ke kiri dan kanan secara bergantian. Jika kondisi setir mobil masih prima, tidak akan ada bunyi, rasa berat, dan rasa bantingan yang kurang enak. Sesekali, Anda juga bisa melepaskan setir untuk melihat apakah ada kecenderungan condong ke kiri atau ke kanan.

Sebagai tips tambahan, Anda disarankan untuk menikmati waktu test drive mobil bekas dengan sebaik mungkin. Tak perlu terburu-buru karena inilah momen yang memberikan Anda kesempatan untuk memastikan kualitas kendaraan. Tetaplah fokus dan jangan biarkan orang lain mengganggu atau mempengaruhi Anda. Tuntaskan seluruh rasa penasaran demi membawa pulang mobil yang kondisinya sesuai keinginan.

Perhatikan Lampu Indikator

Untuk mengakhiri test drive, ada baiknya jika Anda mengecek lampu-lampu indikator pada dashboard mobil sekali lagi. Setelah mematikan mesin, jangan buru-buru turun dan pergi menyudahi sesi uji coba. Sebaliknya, nyalakanlah kembali mesin mobil dan amati baik-baik apakah lampu indikator ada yang menyala. Sering kali, masalah-masalah tersembunyi baru muncul selepas kendaraan dijalankan.

Anda pun bisa melakukan hal ini sembari mengajukan pertanyaan pada penjual. Sampaikan seluruh keraguan atau kebingungan yang mungkin muncul selama test drive berlangsung. Prinsipnya, buatlah diri Anda benar-benar yakin, paham, dan bebas dari segala macam perasaan yang mengganjal.

Temukan Mobil Bekas Berkualitas Hanya di CAROLINE.id!

>>> Baca Juga: Jual Beli Mobil Online. Perhatiķan Hal-Hal Ini Agar Anda Memilih Platform yang Tepat!

Di CAROLINE.id, tersedia berbagai pilihan kendaraan yang terjamin sesuai harapan. Anda bisa menemukan mobil bekas yang telah melewati proses inspeksi kendaraan dan memiliki dokumen hasil penilaian. Sebagai bagian dari layanan dan wujud transparansi, Anda bisa mengakses dan membaca dokumen tersebut di situs CAROLINE.id.

Untuk membuktikan sendiri kebenarannya, Anda pun dipersilakan menyurvei langsung sambil sekalian melakukan test drive di titik-titik lokasi Inspection Center CAROLINE.id. Ada tim profesional CAROLINE.id yang akan memberikan pendampingan selama test drive berlangsung. Oleh karena itu, tak perlu khawatir kebingungan karena ada ahli yang bisa memandu dan menginformasikan hal-hal yang Anda butuhkan.

>>> Baca Juga: Test Drive Mobil. Pembeli Punya Hak, Penjual Wajib Waspada!

Untuk menikmati layanan-layanan tersebut saat hendak membeli mobil bekas di CAROLINE.id, Anda tidak dikenakan biaya tambahan alias GRATIS! Bebas biaya ini juga berlaku untuk layanan lainnya, seperti buyback warranty mesin dan bantuan pengajuan metode pembayaran secara kredit dengan uang muka dan bunga yang rendah.

Banner Jual Mobil Caroline
olga class=

olga   •   administrator

Carol adalah perempuan dengan minat dan ketertarikan tinggi terhadap dunia otomotif. Di waktu luangnya, Carol senang mengamati dan menghimpun informasi tentang tren-tren mobil terkini.