Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   4 bulan lalu

Tipe Konsumen Suzuki XL7 Berbeda Dengan Ertiga

Suzuki XL 7 Indonesia
Suzuki XL 7 Indonesia

Suzuki XL7, jadi produk terbaru yang dibawa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di tahun 2020. Secara tampilan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru Suzuki itu sepintas memiliki tampilan yang mirip dengan Suzuki Ertiga. Dari sisi harga pun ternyata banderolnya berbanding ‘tipis’ dengan Multi Purpose Vehicle (MPV) itu.

Tak hanya kedua hal itu saja, namun dari sisi dimensi, kedua mobil tersebut tak terpaut jauh. Lantas apakah kedua mobil ini bakal bersinggungan dari sisi penjualan?

Menurut Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS, kedua produk ini dari sisi segmentasi berbeda, dan untuk konsumen kedua mobil ini sudah ada segmennya masing-masing.

“Kalau dari data kami, 80 persen konsumen Suzuki Ertiga merupakan first car buyer, kalau di kelas medium SUV (XL7) itu 43 persen tipe konsumen additional dan replacement, artinya hampir 50 persen konsumen berniat ingin tambah atau ganti mobil,” kata Donny ketika berbincang dengan CAROLINE.id.

>>> Baca juga: Inden Suzuki Jimny di Indonesia Tembus Puluhan Tahun

Konsumen XL7 dan Suzuki Ertiga Berbeda

Donny pun meyakini bahwa karakteristik konsumen antara kedua produk tersebut berbeda-beda.

“Tipe konsumen XL7 itu menyasar kepada first time buyer, requirement atau keinginannya lebih ke arah emotional product ketimbang fungtional product, kira-kira begitu dari sisi pasarnya,” ujar Donny.

Meski Penyebaran pasar XL7 di Jabodetabek dengan Ertiga juga relatif mirip di angka 30%, namun pihaknya optimis menjaring konsumen yang berbeda di kelasnya masing-masing.

“Dari komposisi itu, banyak pemilik atau konsumen di medium SUV yang sudah memiliki atau berpengalaman memiliki mobil, jadi memang dari klasifikasinya sudah beda,” kata Donny.

“Menurut data internal kami, untuk Suzuki Ertiga itu lebih menjaring konsumen yang bersifat functional-rational buyer, dibandingkan konsumen XL7 yang bersifat functional-emotional buyer. Maka dari itu target penjualannya juga berbeda,” jelas Donny.

Suzuki lakukan ubahan pada All New Ertiga model 2020 (dok SIS)

Untuk diketahui, Suzuki Ertiga dijual dengan harga mulai dari Rp205 juta hingga Rp249 juta, dengan tiga varian yang ditawarkan yaitu GA, GL, dan GX.

Suzuki juga menawarkan Suzuki Ertiga Suzuki Sport yang dipasarkan berbanding tipis dengan Suzuki XL7, yakni Rp250 juta untuk Suzuki Ertiga Suzuki Sport M/T dan Rp260,5 juta untuk Suzuki Ertiga Suzuki Sport A/T.

Sementara Suzuki XL7 dijual dengan rentang harga mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta, dengan 3 varian yang ditawarkan yakni Zeta, Beta, dan Alpha.

Banner Jual Mobil Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id