admin class= admin   •   3 bulan lalu

Tips Memilih Velg Mobil, Ada 4 Poin Penting

Tips memilih velg mobil cukup mudah. (Foto: Stock)
Tips memilih velg mobil cukup mudah. (Foto: Stock)

Tak sedikit pemilik mobil yang menginginkan tampilan berbeda untuk kendaraannya. Salah satu cara bisa diambil ialah mengganti velg. Bicara soal velg mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam memasang velg baru. Untuk itu, simak informasi di bawah ini mengenai tips memilih velg mobil.

Tips memilih velg mobil:

1. Memilih desain velg

Hal ini menjadi tahap awal sebelum memasang, bahkan memutuskan untuk membeli velg. Dari beberapa velg yang dijual, tentu Anda akan memilih velg sesuai dengan desain yang diinginkan dan budget yang Anda miliki. Ketika memilih desain velg tidak serta merta dengan alasan penampilan saja, tetapi disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan keamanannya. 

Jadi, dalam memilih velg mobil sebisa mungkin tidak hanya dilihat dari faktor penampilan mobil agar terlihat gagah dan trend saja, akan lebih baik lagi jika Anda juga memikirkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

2. Kualitas velg

Hal ini berkaitan dalam hal memilih desain. Ketika memilih desain, selain dengan tingkat kenyamanan dan keamanan, biasanya adalah soal kualitas velg. Material apa yang digunakan dan seberapa lama velg tersebut bisa bertahan. Untuk pilihan jenis velg, biasanya Anda dihadapkan dengan pilihan one piece (rangkaian velg terdiri dari satu komponen saja) biasanya velg ini lebih sering ditemukan, two pieces (rangkaiannya terdiri dari dua komponen, seperti barrel dan face atau bagian tengah), atau three pieces (memiliki tiga bagian, bagiannya sama dengan two pieces, namun bagian barrel terdapat inner dan outer).

3. Cek spesifikasi

Umumnya, dalam memilih velg mobil, selain kualitas yang diperhitungkan, tentu saja pemilik mobil mengecek spesifikasi velg yang akan digunakan. Misalnya, material yang digunakan hingga ukuran velg. Bicara soal ukuran velg begitu akrab dengan istilah Pitch Circle Diameter (PCD). PCD merupakan jarak lubang baut pada velg. Biasanya, ketika membeli velg tertera 4 x 100, artinya adalah velg tersebut terdiri dari 4 lubang dengan PCD 100 mm.

Selain PCD, Anda juga bisa mengecek lebar velg. Karena, ukuran velg akan berpengaruh terhadap ukuran ban yang akan digunakan. Offset velg juga penting untuk diperhatikan. Bagian ini menentukan keluar atau masuknya pinggiran velg dari fender mobil. Semakin kecil offset-nya, maka bagian pinggir velg akan semakin keluar dari bagian fender, begitu juga sebaliknya. 

Kemudian, jangan lupa untuk mengecek material yang digunakan. Jika Anda pergi ke toko velg, mungkin bingung untuk memilihnya karena desainnya begitu menarik. Tapi, kebingungan itu bisa diminimalisir dengan memilih material yang bagus untuk digunakan pada mobil Anda. Umumnya, material yang digunakan adalah logam ringan, seperti, billet steel dan forged alloy. Material tersebut memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mobil.

 4. Memilih penjual

Secara teknis sudah dijelaskan sebelumnya, namun jangan lupakan pada bagian ini. Setelah memahami spesifikasinya, Anda bisa mencari penjual yang terpercaya, baik online maupun offline. Sebelum deal, baca spesifikasinya dan lihat barangnya. Jangan sampai tertipu dengan barang palsu atau barang rekondisi.

Empat hal tersebut dapat dilakukan sebelum memutuskan untuk mengganti atau membeli velg baru. Jangan sampai Anda tertipu atau merugi hanya karena tidak tahu jenis, spesifikasi dan harga pasar velg. Selamat mencoba!

Penulis: Anita Nur Fitriany

Banner Jual Mobil Caroline
admin class=

admin   •   administrator