Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 hari lalu

Uji Coba Sistem 2-1 Jalur Puncak Dilakukan Akhir Pekan Ini

Ilustrasi situasi lalu lintas Puncak, Bogor yang akan alami uji coba sistem 2-1. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi situasi lalu lintas Puncak, Bogor yang akan alami uji coba sistem 2-1. (Foto: Shutterstock)

Bagi Anda yang berencana menghabiskan akhir pekan ini berwisata ke kawasan Puncak, Bogor, ada hal yang mesti diketahui terkait rekayasa lalu lintas di sana. Pihak Kepolisian dan instansi-instansi terkait kembali akan melakukan uji coba sistem 2-1.

Menurut informasi di halaman resmi NTMC Polri, uji coba sistem 2-1 akan dilakukan Sabtu (7/12) selama pukul 12.00-16.00 WIB. Uji coba dilakukan dari Gadog sampai Simpang Taman Safari Indonesia. Sebelum dimulai, pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem one way seperti biasanya sejak 08.00 hingga 12.00 WIB.

Sejumlah upaya akan dilakukan untuk menghindari timbulnya kemacetan akibat uji coba ini. Seperti halnya penertiban parkir di daerah Pasar Cisarua. Selain itu, bakal ada juga pengaturan untuk penyebrang jalan.

>>> Baca juga: Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 2019

“Misalnya parkir di daerah Pasar Cisarua itu diberi waktu. Pada saat program 2-1 dijalankan dari pukul 12.00-16.00 WIB, minta tolong parkir itu dinol-kan dulu. Diberi rambu larangan parkir di Sabtu jam segini sampai segini. Jadi mengurangi hambatan samping disana (Pasar Cisarua),” ucap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri.

Dari sumber yang sama, Fadli menyebut uji coba ini membutuhkan partisipasi dari masyarakat. “Misalnya masyarakat mau naik angkot, kalau bisa menunggunya di jalur-jalur yang memang angkot bisa menepi dulu,” jelas Fadli.

Kemudian, untuk di beberapa titik akan ada rekayasa khusus untuk mendukung uji coba ini.

“Untuk di Simpang Megamendung dan beberapa Simpang lainnya, nanti akan kita rekayasa khusus, jadi tidak ada crossing. Misalnya dari atas (Cisarua) mau ke Simpang Megamendung, langsung belok kanan, enggak. Dia harus lurus dulu, ambil haluan putar balik, naik ke atas, baru masuk ke Simpang Megamendung. Begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

Kawasan Puncak, Bogor menjadi salah satu tujuan wisata favorit saat akhir pekan. Bukan hanya bagi warga Bogor, melainkan juga bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan kota-kota lain. Hal ini kerap mengakibatkan jalur Puncak mengalami kemacetan.

Banner Jual Mobil Caroline
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.