logo caroline red
menu

Torehan Penjualan Suzuki Sepanjang Tahun 2019 di Indonesia

author-image
Caroline.id | 5 Feb 2020
Share
share-mobil
Detail Article

Sepanjang tahun 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan retail kendaraan roda empat sebanyak 102.865 unit di Indonesia. Meskipun industri otomotif secara nasional mengalami penurunan performa sekira 11 persen.

Dari total penjualan Suzuki tersebut, Suzuki Carry Pick Up yang bermain di segmen low pick-up menjadi tulang punggung penjualan Suzuki Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 56,8 persen.

Suzuki Carry Pick Up berhasil terjual sebanyak 54.943 unit dan berhasil meraih posisi pertama dalam penjualan Suzuki di pasar domestik. Disusul All New Ertiga dengan total penjualan sebanyak 26.377 unit di posisi kedua. Penjualan produk rakitan lokal Suzuki berhasil berkontribusi sebesar 87,1 persen terhadap penjualan Suzuki secara nasional.

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan selama tahun 2019 untuk terus memilih mobil Suzuki. Pencapaian angka penjualan ini membuktikan bahwa Suzuki masih menjadi mobil pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIS.

Sejalan dengan penjualan yang diraih Suzuki tersebut, tak lepas dari hadirnya sejumlah produk-produk teranyar mereka yang hadir di Indonesia. Mulai dari All New Ertiga Suzuki Sport yang meluncur di bulan Maret 2019, dilanjutkan New Carry Pick Up yang mengaspal pada bulan April, lalu Jimny di bulan Juli, dan New Baleno yang hadir di bulan Desember lalu.

Penjualan Suzuki New Baleno di Indonesia

Pencapaian layanan purna jual Suzuki 2019

Tidak hanya meraih pencapaian positif dalam sisi penjualan saja, Suzuki juga mengalami peningkatan dalam pencapaian mereka di layanan purna jual. Di mana lebih dari 1 juta unit mobil Suzuki melakukan servis di bengkel resmi atau meningkat 8% dibanding tahun 2018.

Peningkatan angka service intake ini merupakan bukti bahwa layanan Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen untuk merawat kendaraannya. Saat ini, Suzuki memiliki 339 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang di antaranya menyediakan layanan Sales, Service, dan Spare Part.

“Kami mengerti bahwa salah satu hal terpenting dalam memiliki kendaraan adalah layanan purnajualnya. Hal ini yang mendasari kami untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Peningkatan service intake pada tahun 2019 merupakan bukti bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya oleh pelanggan setia kami,” tambah Itayama.

Manajemen Suzuki Indonesia

Pencapaian yang diraih itu tak lepas dari serangkaian program yang disediakan pabrikan berlogo 'S' itu, seperti Service Campaign, layanan online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance. Suzuki juga terus meningkatkan kualitas SDM untuk melayani konsumen dengan mengadakan pelatihan, hingga ajang kompetisi seperti ajang Suzuki Victorious Contest dan National Technician Skill Competition.

Kini di tahun 2020, upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan akan terus ditingkatkan. Selain melanjutkan program layanan purnajual di tahun sebelumnya, Suzuki akan menambah fasilitas dalam pelayanan, update aplikasi layanan Halo Suzuki, serta 10 Komitmen Pelayanan Dealer Suzuki.

AUTHOR
author-image