
Dulu, mesin 4 silinder dianggap sebagai standar emas kenyamanan dan performa mobil penumpang, sementara mesin 3 silinder sering dipandang sebelah mata yang hanya cocok untuk mobil murah (LCGC).
Namun, stigma tersebut kini mulai bergeser. Mobil-mobil modern seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga All New Agya-Ayla kini dengan bangga menggendong mesin 3 silinder yang canggih.
Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari mesin 3 silinder dan 4 silinder? Apakah benar mesin 3 silinder lebih irit? Apakah benar mesin 4 silinder jauh lebih halus? Pilihan mesin ini akan sangat mempengaruhi karakter berkendara, efisiensi bahan bakar, hingga kenyamanan penumpang di dalam kabin.
Mesin 3 silinder memiliki konstruksi yang lebih ringkas. Sesuai namanya, hanya ada 3 piston yang bekerja naik-turun di dalam blok mesin.
Dengan jumlah silinder yang lebih sedikit, gesekan antar komponen (friction loss) di dalam mesin jauh lebih kecil dibandingkan mesin 4 silinder. Selain itu, bobot mesinnya lebih ringan. Kombinasi ini membuat mesin 3 silinder sangat irit bahan bakar, terutama untuk penggunaan dalam kota (stop-and-go).
Karakter alami mesin 3 silinder adalah memiliki torsi yang "nendang" di putaran mesin (RPM) rendah. Ini membuat mobil terasa lincah dan gesit saat berakselerasi dari posisi diam. Sangat cocok untuk karakter jalanan macet di Indonesia.
Karena jumlah komponennya lebih sedikit (hanya butuh 3 busi, volume oli kadang lebih sedikit), biaya servis rutinnya cenderung lebih ekonomis.
Ini adalah hukum fisika yang sulit dilawan. Karena jumlah pistonnya ganjil, keseimbangan (balance) mesin tidak sesempurna mesin genap. Akibatnya, getaran mesin lebih terasa, terutama saat stasioner (diam). Meski begitu, mobil modern sudah menggunakan dudukan mesin (engine mounting) canggih dan balancer shaft untuk meredam ini.
Suara mesin 3 silinder terdengar lebih kasar atau "rushing" dibandingkan mesin 4 silinder yang halus.
Meskipun enak di putaran bawah, mesin 3 silinder biasanya agak "ngos-ngosan" atau kehabisan tenaga saat dipacu di kecepatan tinggi (top speed) di jalan tol dibandingkan mesin 4 silinder dengan kapasitas sama.
Mesin 4 silinder adalah konfigurasi paling umum yang digunakan mobil keluarga (seperti Avanza lama, Ertiga, Xpander, Yaris).
Dengan jumlah piston genap (4 buah), proses pembakaran terjadi dengan interval yang seimbang. Piston bergerak berpasangan (dua naik, dua turun) yang saling meniadakan getaran. Hasilnya, mesin jauh lebih minim getaran dan suaranya lebih senyap.
Penyaluran tenaga mesin 4 silinder terasa lebih linear dan halus dari putaran bawah hingga atas.
Karena minim getaran dan tenaga di putaran atas lebih stabil, mesin 4 silinder memberikan kenyamanan lebih baik untuk cruising jarak jauh di jalan tol.
Karena memiliki lebih banyak komponen bergerak (4 piston, 16 katup, dll), gesekan internalnya lebih besar. Ini membuat konsumsi BBM-nya sedikit lebih boros dibanding 3 silinder dalam kondisi macet, meskipun bedanya kini makin tipis berkat teknologi katup variabel (VVT-i/i-VTEC).
Ukuran mesin lebih besar dan berat, yang sedikit membebani bobot total kendaraan.
Aspek Perbandingan | Mesin 3 Silinder | Mesin 4 Silinder |
Karakter Tenaga | Torsi besar di putaran bawah (Gesit) | Tenaga linear & halus di semua putaran |
Getaran Mesin | Lebih terasa (terutama saat idle) | Sangat halus & minim getaran |
Efisiensi BBM | Sangat Irit (Gesekan minim) | Irit (Tergantung teknologi) |
Suara Mesin | Agak kasar / unik | Senyap & halus |
Perawatan | Lebih murah (3 busi) | Standar (4 busi) |
Cocok Untuk | Dalam kota, kemacetan, penghematan | Perjalanan jauh, kenyamanan keluarga |
Perdebatan jumlah silinder tidak akan berarti jika Sobi Caroline membeli mobil bekas yang mesinnya bermasalah. Mesin 4 silinder yang pincang akan lebih bergetar daripada mesin 3 silinder yang sehat. Begitu juga mesin 3 silinder, jika engine mounting-nya pecah, getarannya akan sangat mengganggu hingga ke dalam kabin.
Di Caroline.id, kami memastikan kualitas mesin adalah harga mati. Setiap mobil yang kami jual wajib lulus Inspeksi 150+ Titik.
Kami juga menjamin unit Bebas Banjir dan Bebas Tabrakan Besar. Garansi transparansi kami berikan lewat program buyback 100% selama 5 hari.
Perlindungan maksimal kami berikan lewat Garansi 7G selama 1 tahun penuh yang mencakup:
Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan mesin prima hanya di Caroline.id.
Akses layanan kami sekarang:

7 Mobil Paling Bandel dan Irit untuk Pemakaian Jangka Panjang
18 Des 2025
Daftar Mobil Mesin 3 Silinder di Indonesia yang Populer
18 Des 2025
Kelebihan dan Kekurangan Mesin 3 Silinder dan 4 Silinder
18 Des 2025
9 Mobil Paling Irit 1500cc dengan Performa Optimal
18 Des 2025
10 Mobil Paling Irit BBM untuk Harian dan Perjalanan Jauh
18 Des 2025
7 Mobil yang Ada Sunroofnya dan Tampil Lebih Mewah
11 Des 2025Ikuti Kami
Terpopuler

7 Mobil Paling Bandel dan Irit untuk Pemakaian Jangka Panjang
Bedah Mobil | 18 Des 2025
Daftar Mobil Mesin 3 Silinder di Indonesia yang Populer
Bedah Mobil | 18 Des 2025
Kelebihan dan Kekurangan Mesin 3 Silinder dan 4 Silinder
Bedah Mobil | 18 Des 2025
9 Mobil Paling Irit 1500cc dengan Performa Optimal
Bedah Mobil | 18 Des 2025
10 Mobil Paling Irit BBM untuk Harian dan Perjalanan Jauh
Bedah Mobil | 18 Des 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.