logo caroline red
menu

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 3 Silinder dan 4 Silinder

author-image
Caroline.id | 18 Des 2025
Share
share-mobil
Detail Article

Dulu, mesin 4 silinder dianggap sebagai standar emas kenyamanan dan performa mobil penumpang, sementara mesin 3 silinder sering dipandang sebelah mata yang hanya cocok untuk mobil murah (LCGC). 

Namun, stigma tersebut kini mulai bergeser. Mobil-mobil modern seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga All New Agya-Ayla kini dengan bangga menggendong mesin 3 silinder yang canggih.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari mesin 3 silinder dan 4 silinder? Apakah benar mesin 3 silinder lebih irit? Apakah benar mesin 4 silinder jauh lebih halus? Pilihan mesin ini akan sangat mempengaruhi karakter berkendara, efisiensi bahan bakar, hingga kenyamanan penumpang di dalam kabin. 

Bedah Mesin 3 Silinder

Mesin 3 silinder memiliki konstruksi yang lebih ringkas. Sesuai namanya, hanya ada 3 piston yang bekerja naik-turun di dalam blok mesin.

Kelebihan Mesin 3 Silinder

1. Efisiensi Bahan Bakar Juara

Dengan jumlah silinder yang lebih sedikit, gesekan antar komponen (friction loss) di dalam mesin jauh lebih kecil dibandingkan mesin 4 silinder. Selain itu, bobot mesinnya lebih ringan. Kombinasi ini membuat mesin 3 silinder sangat irit bahan bakar, terutama untuk penggunaan dalam kota (stop-and-go).

2. Torsi Putaran Bawah yang Responsif

Karakter alami mesin 3 silinder adalah memiliki torsi yang "nendang" di putaran mesin (RPM) rendah. Ini membuat mobil terasa lincah dan gesit saat berakselerasi dari posisi diam. Sangat cocok untuk karakter jalanan macet di Indonesia.

3. Biaya Perawatan Lebih Murah

Karena jumlah komponennya lebih sedikit (hanya butuh 3 busi, volume oli kadang lebih sedikit), biaya servis rutinnya cenderung lebih ekonomis.

Kekurangan Mesin 3 Silinder

1. Getaran Lebih Terasa

Ini adalah hukum fisika yang sulit dilawan. Karena jumlah pistonnya ganjil, keseimbangan (balance) mesin tidak sesempurna mesin genap. Akibatnya, getaran mesin lebih terasa, terutama saat stasioner (diam). Meski begitu, mobil modern sudah menggunakan dudukan mesin (engine mounting) canggih dan balancer shaft untuk meredam ini.

2. Suara Mesin Khas

Suara mesin 3 silinder terdengar lebih kasar atau "rushing" dibandingkan mesin 4 silinder yang halus.

3. Napas Pendek di Kecepatan Tinggi

Meskipun enak di putaran bawah, mesin 3 silinder biasanya agak "ngos-ngosan" atau kehabisan tenaga saat dipacu di kecepatan tinggi (top speed) di jalan tol dibandingkan mesin 4 silinder dengan kapasitas sama.

Bedah Mesin 4 Silinder

Mesin 4 silinder adalah konfigurasi paling umum yang digunakan mobil keluarga (seperti Avanza lama, ErtigaXpanderYaris).

Kelebihan Mesin 4 Silinder

1. Kehalusan (Smoothness)

Dengan jumlah piston genap (4 buah), proses pembakaran terjadi dengan interval yang seimbang. Piston bergerak berpasangan (dua naik, dua turun) yang saling meniadakan getaran. Hasilnya, mesin jauh lebih minim getaran dan suaranya lebih senyap.

2. Tenaga Merata

Penyaluran tenaga mesin 4 silinder terasa lebih linear dan halus dari putaran bawah hingga atas.

3. Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Karena minim getaran dan tenaga di putaran atas lebih stabil, mesin 4 silinder memberikan kenyamanan lebih baik untuk cruising jarak jauh di jalan tol.

Kekurangan Mesin 4 Silinder

1. Lebih Boros (Secara Teori)

Karena memiliki lebih banyak komponen bergerak (4 piston, 16 katup, dll), gesekan internalnya lebih besar. Ini membuat konsumsi BBM-nya sedikit lebih boros dibanding 3 silinder dalam kondisi macet, meskipun bedanya kini makin tipis berkat teknologi katup variabel (VVT-i/i-VTEC).

2. Konstruksi Lebih Berat & Rumit

Ukuran mesin lebih besar dan berat, yang sedikit membebani bobot total kendaraan.

Aspek Perbandingan

Mesin 3 Silinder

Mesin 4 Silinder

Karakter Tenaga

Torsi besar di putaran bawah (Gesit)

Tenaga linear & halus di semua putaran

Getaran Mesin

Lebih terasa (terutama saat idle)

Sangat halus & minim getaran

Efisiensi BBM

Sangat Irit (Gesekan minim)

Irit (Tergantung teknologi)

Suara Mesin

Agak kasar / unik

Senyap & halus

Perawatan

Lebih murah (3 busi)

Standar (4 busi)

Cocok Untuk

Dalam kota, kemacetan, penghematan

Perjalanan jauh, kenyamanan keluarga


 

Mana yang Sebaiknya Sobi Caroline Pilih?

  • Pilih Mesin 3 Silinder Jika: Prioritas utama Sobi Caroline adalah efisiensi bahan bakar dan kelincahan untuk menembus kemacetan kota sehari-hari. Sobi Caroline tidak terlalu masalah dengan sedikit getaran saat lampu merah demi penghematan bensin.
  • Pilih Mesin 4 Silinder Jika: Prioritas Sobi Caroline adalah kenyamanan kabin (kesenyapan) dan sering melakukan perjalanan luar kota dengan kecepatan tinggi. Pilihan ini lebih cocok untuk Sobi Caroline yang sensitif terhadap getaran mesin.

Mau 3 atau 4 Silinder? Pastikan Belinya di Caroline.id!

Perdebatan jumlah silinder tidak akan berarti jika Sobi Caroline membeli mobil bekas yang mesinnya bermasalah. Mesin 4 silinder yang pincang akan lebih bergetar daripada mesin 3 silinder yang sehat. Begitu juga mesin 3 silinder, jika engine mounting-nya pecah, getarannya akan sangat mengganggu hingga ke dalam kabin.

Di Caroline.id, kami memastikan kualitas mesin adalah harga mati. Setiap mobil yang kami jual wajib lulus Inspeksi 150+ Titik.

Kami juga menjamin unit Bebas Banjir dan Bebas Tabrakan Besar. Garansi transparansi kami berikan lewat program buyback 100% selama 5 hari.

Perlindungan maksimal kami berikan lewat Garansi 7G selama 1 tahun penuh yang mencakup:

  1. Garansi Mesin
  2. Garansi Transmisi
  3. Garansi Sistem AC
  4. Garansi Sistem Rem
  5. Garansi Kelistrikan
  6. Garansi Sistem Penggerak
  7. Garansi Sistem Kemudi

Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan mesin prima hanya di Caroline.id.

Akses layanan kami sekarang:

Klik Ini untuk Kami Bantu Pilih Mobil.webp

AUTHOR
author-image