
Ketika kamu akan membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan langkah-langkah cek fisik mobil secara menyeluruh. Pemeriksaan fisik adalah "diagnosa" awal yang paling penting. Ini adalah cara untuk melihat langsung apa yang telah dialami mobil tersebut, jauh sebelum kamu memegang setir untuk test drive.
Dari memeriksa celah bodi untuk tanda bekas tabrakan, mengendus kabin untuk jejak banjir, hingga melihat kolong mesin, panduan ini dirancang agar kamu bisa mendapatkan gambaran jelas tentang prima atau tidaknya kondisi mobil yang ada di depanmu.
Melakukan inspeksi ini membutuhkan ketelitian dan sedikit kesabaran. Jangan terburu-buru dan pastikan pencahayaan di sekitar mobil cukup terang agar semua detail terlihat jelas.
Bagian luar adalah yang pertama kamu lihat, dan ini bisa menceritakan banyak hal tentang riwayat mobil. Cat yang mulus belum tentu menjamin mobil bebas masalah.
Perhatikan celah di antara panel bodi, seperti antara pintu dan fender, atau kap mesin dan bumper. Pada mobil yang normal, celah ini seharusnya presisi, lurus, dan seragam jaraknya. Jika Sobi Caroline menemukan celah yang renggang, terlalu rapat, atau tidak rata, ini adalah indikasi kuat bahwa panel tersebut pernah dibuka atau diperbaiki, kemungkinan besar akibat benturan.
Lihat permukaan cat di bawah sinar matahari yang terang. Apakah ada perbedaan warna (belang) antara satu panel dengan panel lainnya? Cat ulang yang tidak sempurna seringkali memiliki tekstur "kulit jeruk" (kasar) jika diraba, berbeda dengan cat pabrikan yang sangat halus. Ketuk-ketuk panel bodi dengan jari; jika suaranya terasa berbeda (lebih tebal atau "mendempul"), kemungkinan ada dempul tebal di baliknya.
Buka semua pintu, kap mesin, dan bagasi. Perhatikan sealant (segel) di lipatan tepiannya. Sealant asli pabrikan terlihat sangat rapi, lentur, dan biasanya memiliki pola titik-titik teratur. Jika sealant terlihat berantakan, keras, atau seperti dioles manual, itu tanda pasti panel tersebut pernah diperbaiki atau diganti.
Langkah cek fisik mobil berikutnya adalah membuka kap mesin. Kondisi ruang mesin yang bersih mengilap tidak selalu berarti sehat; bisa jadi itu cara penjual menutupi kebocoran.
Gunakan senter untuk melihat ke sela-sela mesin. Perhatikan area di sekitar paking (gasket) kepala silinder, di bawah mesin, dan di sekitar transmisi. Rembesan oli aktif (terlihat basah dan hitam) atau rembesan cairan pendingin (coolant berwarna hijau/merah) adalah bendera kuning. Ini menandakan ada segel yang sudah aus dan perlu perbaikan.
Tarik dipstick oli mesin. Periksa levelnya dan warnanya. Oli yang wajar berwarna cokelat madu (jika baru) atau hitam (jika sudah waktunya ganti). Jika oli berwarna cokelat susu (seperti kopi susu), ini tanda oli tercampur air radiator, yang mengindikasikan masalah internal mesin serius. Cek juga level air radiator di tabung reservoir dan minyak rem.
Periksa kondisi selang-selang karet (seperti selang radiator). Pencet selang tersebut; jika terasa getas, keras, atau kembung, itu tandanya sudah rapuh. Perhatikan juga drive belt (belt kipas, AC, alternator). Lihat apakah ada retak-retak halus di permukaannya.
Masuklah ke dalam kabin. Interior adalah tempat kamu bisa menemukan tanda-tanda keausan pemakaian dan, yang lebih penting, jejak bekas terendam banjir.
Percayai hidung kamu. Bau apek, lembap, atau bau tidak sedap yang menyengat (meskipun sudah ditutupi parfum mobil yang kuat) adalah tanda utama kabin pernah kemasukan air atau terendam banjir.
Ini adalah langkah cek fisik mobil yang wajib. Coba angkat karpet dasar mobil (bukan karpet tambahan). Lihat bagian lantainya. Apakah kamu menemukan sisa lumpur kering, pasir, atau karat yang tidak wajar? Periksa juga baut-baut yang menahan jok ke lantai. Jika baut-baut itu berkarat parah, curigalah mobil itu bekas banjir.
Perhatikan bagian yang sering disentuh: lingkar setir, tuas transmisi, dan pedal gas/rem/kopling. Bandingkan tingkat keausannya dengan angka odometer. Jika odometer menunjukkan angka rendah (misal 30.000 km) tetapi setir sudah botak dan licin, kemungkinan besar odometer tersebut sudah diputar (di-reset).
Bagian ini sering terlewatkan karena kotor, padahal sangat vital untuk menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara.
Lihat keempat ban. Apakah tingkat keausannya merata? Ban yang aus di sisi dalam atau luarnya saja (sering disebut "botak sebelah") adalah tanda nyata ada masalah pada setelan kaki-kaki (spooring) atau ada komponen suspensi yang bermasalah.
Gunakan senter dan beranikan diri untuk mengintip kolong mobil. Perhatikan bagian sasis utama. Apakah ada karat yang parah hingga keropos? Waspadai juga bekas las-lasan yang tidak rapi atau sasis yang terlihat bengkok, ini tanda bekas tabrakan hebat.
Tekan salah satu sudut mobil (misal fender depan) dengan bobot tubuh kamu secara kuat, lalu lepaskan tiba-tiba. Mobil dengan suspensi (shock absorber) yang sehat akan berayun naik-turun sekali, lalu langsung stabil. Jika mobil terus berayun lebih dari dua kali, itu tandanya suspensi sudah lemah.
Langkah cek fisik mobil yang terakhir adalah memastikan semua fitur dan kelistrikan berfungsi normal. Perbaikan kelistrikan bisa rumit dan mahal.
Putar kunci ke posisi 'On' (sebelum starter). Pastikan semua lampu indikator di panel instrumen (seperti check engine, ABS, airbag, oli) menyala sejenak, lalu mati setelah mesin hidup. Jika ada indikator yang tidak menyala sama sekali (bisa jadi dicabut) atau tetap menyala (ada masalah), itu adalah peringatan.
Nyalakan semua lampu: lampu senja, lampu utama (jauh dan dekat), lampu sein (kiri, kanan, dan hazard), lampu rem (minta bantuan orang lain untuk melihat), dan lampu mundur.
Mainkan semua tombol yang ada. Tes AC (pastikan dinginnya cepat dan stabil), power window (pastikan lancar naik-turun di semua pintu), wiper (depan dan belakang), klakson, dan head unit audio.
Melakukan semua langkah cek fisik mobil di atas memang membutuhkan ketelitian, waktu, dan sedikit pengetahuan teknis. Jika kamu merasa tidak yakin bisa melakukannya sendiri, jangan ambil risiko dan segera beli mobil bekas di Caroline.id saja.
Kami telah melakukan semua pekerjaan inspeksi itu untuk kamu. Setiap mobil bekas di Caroline.id dijamin telah lolos inspeksi di 150+ titik penting oleh teknisi profesional. Kami memastikan mobil bebas dari bekas tabrakan besar, terendam banjir, dan dokumennya pasti asli serta lengkap.
Tersedia pula Garansi 7G yang melindungi mobil kamu selama 1 tahun terhitung sejak tanggal pembelian! Garansi ini mencakup 7 komponen vital:
Dapatkan mobil bekas berkualitas, hubungi tim kami di Caroline.id sekarang juga!
Layanan Tambahan:
Ikuti Kami
Terpopuler

Resiko Beli Mobil Bekas Tabrakan dan Cara Mengenalinya
Tips & Trik | 29 Okt 2025
Resiko Beli Mobil Bekas Taksi Apa Saja yang Harus Diwaspadai
Tips & Trik | 29 Okt 2025
Resiko Beli Mobil Bekas Rental yang Perlu Kamu Pertimbangkan
Tips & Trik | 29 Okt 2025
STNK Terblokir ETLE Ini Cara Cek dan Solusinya
Tips & Trik | 29 Okt 2025
Masalah Transmisi Otomatis yang Sering Terjadi pada Mobil
Tips & Trik | 29 Okt 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.