Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap untuk model terbaru All New Honda Jazz. Dari keterangan tertulis yang diterima CAROLINE.id, Honda Jazz terbaru akan diluncurkan akhir tahun ini.
Dengan bermodalkan pengalaman dari tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.
Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development menjelaskan, “Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun.”
Sepanjang balapan insinyur Honda di ajang Formula 1 secara konsisten mengevaluasi rasio energi yang berhasil didaur ulang dan digunakan dalam sistem hybrid untuk menciptakan performa yang optimal. Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar, telah menginspirasi Honda dalam merancang mesin e:HEV pada All New Honda Jazz.
Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar.
Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.
Sistem canggih e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis di antara tiga mode: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive.
Pada mayoritas situasi berkendara di perkotaan, efisiensi bahan bakar yang optimal diraih melalui transisi diantara EV Drive dan Hybrid Drive. Untuk berkendara di jalan tol, mode Engine Drive digunakan untuk mensuplai lebih banyak tenaga dan menambah kecepatan.
Sedangkan di jalan umum, kendaraan akan menggunakan mode Hybrid Drive dimana tenaga berlebih dari mesin berbahan bakar dapat didaur ulang untuk mengisi daya baterai melalui generator. EV Drive juga bekerja saat mobil melambatkan kecepatan, dengan mengumpulkan lebih banyak energi saat menginjak pedal rem secara berkelanjutan untuk mengisi daya baterai.
Untuk diktehui, mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.
Sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan.
Pada musim balap lalu, mesin hybrid Honda telah membantu tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.
Konsumsi BBM Toyota Avanza VS Daihatsu Xenia, Irit Mana?
18 Jul 2025Jadi Mobil LCGC Irit Bensin, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya
18 Jul 2025Terkenal Awet Bensin, Segini Konsumsi BBM Mobil Calya
17 Jul 2025BBM Raize Boros Atau Tidak? Ini Rata-rata Pemakaiannya!
17 Jul 2025VVTI vs Dual VVTI, Apa Bedanya?
17 Jul 2025Faktor Yang Memengaruhi Konsumsi BBM Honda City
16 Jul 2025Ikuti Kami
Terpopuler
Konsumsi BBM Toyota Avanza VS Daihatsu Xenia, Irit Mana?
Bedah Mobil | 18 Jul 2025Jadi Mobil LCGC Irit Bensin, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya
Bedah Mobil | 18 Jul 2025Bingung Pilih Warna Mobil? Simak Kelebihan Masing-masing Warna!
Tips & Trik | 18 Jul 2025Kelebihan dan Kekurangan Mesin VVT-i, Apakah Worth It?
Tips & Trik | 18 Jul 2025Mobil Kamu Ganti Plat? Siapkan Dana Pajak Segini!
Tips & Trik | 18 Jul 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.