logo caroline red
menu

Tipe Jazz Paling Keren Buat Anak Muda yang Aktif

Anonymous | 3 Des 2025
Share
share-mobil
Detail Article

Meskipun Honda telah resmi menyuntik mati Jazz di Indonesia dan menggantikannya dengan City Hatchback, pesona hatchback legendaris ini tidak pernah pudar. Di pasar mobil bekas, Honda Jazz justru semakin dicari, terutama oleh kalangan anak muda dan mahasiswa. 

Alasannya sederhana: desainnya timeless, performa mesinnya paling bertenaga di kelasnya, dan fleksibilitas kabinnya luar biasa. Namun, dengan banyaknya generasi yang beredar, Sobi Caroline mungkin bingung memilih tipe jazz mana yang paling pas untuk gaya hidup aktif.

Jika Sobi Caroline adalah anak muda yang mencari kombinasi antara tampilan sporty, fitur modern, dan kenyamanan harian, kesimpulannya mengerucut pada dua kandidat utama: Honda Jazz generasi ketiga (kode GK5) tipe RS  atau generasi kedua (kode GE8) tipe RS.

Mengapa Honda Jazz Begitu Digemari Anak Muda?

Sebelum masuk ke detail varian, penting untuk memahami mengapa mobil ini menjadi standar "keren" bagi anak muda selama lebih dari satu dekade.

  1. Mesin Paling Bertenaga

Semua tipe jazz (terutama GE8 dan GK5) dibekali mesin 1.500 cc i-VTEC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 120 PS. Angka ini adalah yang terbesar di kelas compact hatchback (mengalahkan Yaris atau Mazda2 di eranya). Tenaga ini sangat memuaskan untuk stop-and-go di kota maupun overtaking di jalan tol.

  1. Fitur Ultra Seat (Magic Seat)

Ini adalah fitur juara bagi anak muda yang aktif. Kursi Jazz bisa dilipat rata lantai, dilipat ke atas (Tall Mode), atau direbahkan total (Refresh Mode). Sobi Caroline bisa dengan mudah membawa sepeda lipat, papan selancar, perlengkapan kemping, atau pot tanaman tinggi. Fleksibilitas ini tidak dimiliki kompetitornya.

  1. Potensi Modifikasi Luas

Suku cadang aftermarket untuk Jazz sangat melimpah. Mulai dari body kit ala JDM, velg, hingga knalpot, semuanya tersedia. Mobil ini adalah kanvas kosong yang sempurna untuk mengekspresikan diri.

Rekomendasi Tipe Jazz Terbaik: GK5 vs GE8

Di pasar mobil bekas saat ini, ada dua generasi yang menjadi primadona. Mari kita bedah keunggulannya masing-masing.

1. Honda Jazz GK5 RS (Tahun 2014 - 2021)

Ini adalah generasi terakhir Jazz di Indonesia. Jika Sobi Caroline memiliki bujet lebih dan menginginkan mobil yang terlihat modern, fresh, dan sarat fitur canggih, GK5 RS adalah jawabannya.

  • Desain Eksterior: Tampilannya sangat agresif dengan garis bodi tajam (Solid Wing Face). Tipe RS sudah dilengkapi lampu depan LED dengan DRL (Daytime Running Light), diffuser belakang yang sporty, dan velg 16 inci two-tone yang keren.
  • Fitur Modern: Di dalam kabin, nuansanya sangat futuristis. Sobi Caroline akan dimanjakan dengan Start/Stop Engine ButtonSmart Keyless Entry, AC Digital dengan panel sentuh (sangat mewah di kelasnya), dan Head Unit layar sentuh model floating 8 inci.
  • Performa: Menggunakan mesin L15Z1 dan transmisi CVT Earth Dreams Technology. Karakter CVT-nya sangat halus dan irit bahan bakar, namun tetap responsif berkat fitur Paddle Shift di setir yang memungkinkan simulasi perpindahan gigi manual 7-percepatan.
  • Harga Bekas: Berkisar antara Rp 190 juta hingga Rp 250 jutaan, tergantung tahun dan kondisi.

2. Honda Jazz GE8 RS (Tahun 2008 - 2013)

Bagi para enthusiast, ini sering disebut sebagai tipe jazz terbaik yang pernah dibuat. Desainnya yang membulat namun sporty dianggap tak lekang oleh waktu (timeless).

  • Transmisi Otomatis Konvensional: Berbeda dengan GK5 yang pakai CVT, Jazz GE8 menggunakan transmisi otomatis 5-percepatan (Torque Converter). Karakter transmisi ini lebih "menggigit", lebih responsif, dan dinilai lebih badak (awet) untuk pemakaian jangka panjang atau yang suka menginjak pedal gas dalam-dalam.
  • Kualitas Material: Banyak pengguna yang merasa kualitas material interior (plastik dashboard dan door trim) pada GE8 terasa lebih solid dan tebal dibandingkan generasi penerusnya.
  • Fitur: Meskipun lebih tua, Tipe RS generasi ini sudah punya Paddle Shift dan Audio Steering Switch. Namun, lampunya masih Halogen biasa (belum LED) dan belum ada tombol Start/Stop.
  • Harga Bekas: Ini adalah opsi value for money. Harganya stabil di kisaran Rp 130 juta hingga Rp 160 jutaan. Sangat pas untuk mahasiswa atau first jobber.

Perbedaan Tipe S dan Tipe RS: Signifikan?

Selain tipe RS (Road Sailing) yang merupakan varian tertinggi, Honda juga merilis Tipe S dan Tipe A (varian terendah). Apakah tipe non-RS ini layak dilirik?

Jawabannya: Layak, jika Sobi Caroline berniat memodifikasinya.

Perbedaan utama antara tipe jazz RS dan S terletak pada aksesori estetika. Tipe S biasanya:

  • Tidak memiliki body kit (side skirt, spoiler belakang).
  • Velg ukurannya lebih kecil atau desainnya polos.
  • Fitur interior lebih sederhana (AC masih kompor putar manual, kunci masih colok, tidak ada paddle shift).
  • Lampu depan masih halogen standar.

Secara mesin, Tipe S dan RS menggunakan mesin yang sama persis. Jadi, jika Sobi Caroline berencana mengganti velg, memasang body kit custom, dan memodifikasi lampu, membeli Tipe S yang harganya jauh lebih murah (selisih 20-30 juta dari RS) adalah langkah cerdas untuk menghemat bujet bahan modifikasi.

Penyakit Khas yang Harus Diwaspadai

Meskipun terkenal tangguh, Honda Jazz bekas bukan tanpa celah. Sobi Caroline wajib memeriksa beberapa sektor ini:

  1. Kaki-Kaki (Rack Steer)

Ini penyakit umum Honda. Periksa apakah ada bunyi "gluduk" saat melewati jalan keriting. Rack steer dan link stabilizer Jazz seringkali lemah.

  1. Transmisi CVT (Khusus GK5)

Pastikan riwayat penggantian oli matik teratur. CVT Honda sensitif terhadap keterlambatan ganti oli. Jika saat digas terasa tersendat atau ada bunyi dengung, waspadalah.

  1. Mounting Mesin

Getaran mesin yang masuk ke kabin biasanya menandakan engine mounting sudah pecah atau getas.

Tipe Jazz Mana yang Paling Irit?

Secara teknis, Honda Jazz GK5 (Generasi Ketiga) dengan transmisi CVT adalah yang paling irit bahan bakar. Teknologi Earth Dreams dan CVT membuat putaran mesin bisa dijaga sangat rendah saat cruising di jalan tol.

Dalam penggunaan dalam kota yang macet, GK5 bisa mencatatkan angka 12-13 km/liter. Sementara untuk rute luar kota atau jalan tol konstan, angka 17-19 km/liter bukan hal yang mustahil dicapai dengan gaya berkendara eco driving. Generasi sebelumnya (GE8) sedikit lebih boros (sekitar 10-11 km/liter dalam kota) karena penggunaan transmisi matik konvensional, namun selisihnya tidak terlalu jauh.

Cari Jazz Bekas yang Sehat? Ke Caroline.id Saja!

Membeli Honda Jazz bekas memang memiliki tantangan tersendiri. Karena citranya sebagai mobil anak muda, banyak unit di pasaran yang merupakan bekas modifikasi ekstrem, pernah dipakai balap liar, atau perawatannya asal-asalan.

Sobi Caroline tidak perlu khawatir akan risiko tersebut jika membeli di Caroline.id. Kami melakukan filterisasi ketat di awal. Setiap unit Honda Jazz yang kami jual wajib lulus inspeksi profesional di 150+ titik. Kami menjamin unit tersebut bebas dari bekas tabrakan besar yang merusak struktur rangka dan bebas dari kerusakan akibat banjir.

Jika Sobi Caroline masih ragu, kami berikan bukti nyata: garansi buyback 100% selama 5 hari. Jika mobil yang diterima tidak sesuai dengan laporan inspeksi kami, uang Sobi Caroline kembali utuh tanpa potongan.

Selain itu, kami menyertakan Garansi 7G selama satu tahun penuh. Garansi ini melindungi komponen vital, termasuk:

  1. Mesin (Sangat penting untuk Jazz)
  2. Transmisi (Terutama CVT)
  3. Sistem AC
  4. Sistem Rem
  5. Kelistrikan
  6. Sistem Penggerak
  7. Sistem Kemudi (Melindungi masalah rack steer yang umum terjadi)

Dapatkan Honda Jazz impian yang siap diajak nongkrong dengan aman di Caroline.id. Hubungi kami untuk melakukan pemesanan sekarang juga!

Jelajahi opsi lainnya di Caroline.id:


 

Baca juga artikel terkait

    Ikuti Kami

    Jual Beli Bergaransi!

    Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.