Halo Sobi Caroline! Honda Jazz adalah salah satu mobil hatchback yang pernah mencuri perhatian pasar otomotif Indonesia, terutama di kalangan anak muda dan keluarga muda di perkotaan. Dikenal berkat desainnya yang sporty dan fitur kabin yang fleksibel, Jazz sempat menjadi salah satu penjualan tertinggi di segmennya. Namun, kiprah mobil ini resmi berakhir di Tanah Air setelah generasi ketiganya. Pada tahun 2021, Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi menggantikan Jazz dengan City Hatchback RS sebagai penerus model hatchback 5 pintu mereka.
Alasan utama penghentian Jazz di Indonesia adalah karena generasi keempat Jazz, yang diluncurkan secara global di Tokyo Motor Show 2019, hadir dengan tampilan yang lebih membulat dan berkesan retro—berbeda dengan selera pasar lokal yang lebih menyukai hatchback dengan karakter sporty dan agresif. Menurut pernyataan resmi dari Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, desain global tersebut dianggap kurang sesuai dengan ekspektasi konsumen Indonesia. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa 97% dari total 12.000 unit Jazz yang terjual di 2019 merupakan tipe RS, yang memiliki nuansa desain paling sporty di antara semua varian.
Sebagai bagian dari lini sport Honda, RS (Road Sailing) merupakan varian dengan tampilan dan fitur lebih agresif dibandingkan tipe standar, meski masih di bawah level performa model legendaris seperti Type R atau Si. Tak hanya dari sisi tampilan, Honda Jazz juga lekat dengan dunia motorsport di Indonesia, menjadikannya lebih dari sekadar city car biasa.
Meski produksi barunya telah dihentikan, Honda Jazz tetap tersedia dalam kondisi bekas, dan banyak dicari oleh konsumen yang menginginkan hatchback yang lincah, praktis, dan bisa diandalkan. Berikut adalah perjalanan lengkap tiap generasi Honda Jazz di Indonesia.
Baca Juga: 18 Mobil Bekas Harga di Bawah 100 Juta Pilihan Caroline.id, Terbaru!
Honda Jazz pertama kali hadir di Indonesia pada 2004, setelah sebelumnya diluncurkan di Jepang dengan nama Honda Fit. Versi yang masuk ke Indonesia membawa kode bodi GD3, dan menjadi model yang sangat populer di awal 2000-an. Jazz generasi pertama ini dibekali dua pilihan mesin:
Kedua mesin tersebut dapat dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis CVT 7-speed, yang pada saat itu tergolong teknologi canggih di kelasnya.
Keunggulan utama dari Jazz generasi ini adalah sistem "Ultra Seat" atau yang dikenal juga dengan "Magic Seat", yang memungkinkan pengaturan bangku belakang menjadi rata lantai atau dilipat secara vertikal untuk menampung barang berukuran besar. Ini menjadikan Jazz sebagai city car yang sangat fleksibel dan praktis.
Melanjutkan kesuksesan sebelumnya, Honda merilis generasi kedua Jazz di Indonesia pada 2008 dengan kode bodi GE8. Model ini hadir dengan dimensi lebih besar dari pendahulunya dan desain yang lebih modern dan dinamis.
Ukuran bodi:
Jazz GE8 mengandalkan mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Transmisi tetap tersedia dalam versi manual dan CVT. Varian yang tersedia antara lain tipe S dan RS, dengan tipe RS sebagai varian tertinggi.
Jazz RS dilengkapi fitur lebih lengkap: lampu LED, paddle shift, cruise control, AC otomatis, head unit 8 inci, dan pelek 16 inci berdesain sporty. Di sisi interior, trim RS juga memiliki aksen lebih elegan dan sistem audio yang lebih modern.
Model ini juga sempat mendapat facelift di tahun 2011 dan minor change di 2013, dengan peningkatan pada desain eksterior serta kenyamanan kabin. Jazz GE8 sangat populer di kalangan modifikator dan pecinta gaya sporty.
Jazz generasi ketiga diluncurkan di Indonesia pada 2014 dengan kode bodi GK5. Desainnya lebih agresif dan tajam dengan lekukan tegas di bodi samping dan fascia depan. Headlamp tampil menyipit dan sudah dilengkapi dengan projector lens dan LED Daytime Running Light (DRL).
Masih menggunakan mesin 1.5L i-VTEC, performa yang ditawarkan tetap solid di angka 120 PS. Transmisi CVT generasi baru membuat perpindahan gigi lebih halus dan efisien. Interiornya mendapat sentuhan modern dengan layar sentuh, audio steering switch, paddle shift, serta one-push ignition system.
Di tahun 2017, Jazz GK5 mengalami facelift dengan hadirnya warna baru Phoenix Orange Black Top, aksen oranye pada interior, dan tambahan detail sporty seperti diffuser belakang, grille dan bumper baru, hingga velg two-tone 16 inci. Sayangnya, generasi ini menjadi penutup perjalanan Jazz di Indonesia.
Honda Jazz generasi keempat diluncurkan secara global pada akhir 2019, namun tidak masuk pasar Indonesia. Model ini menggunakan platform baru dan mengusung desain lebih membulat serta retro-modern. Di banyak negara, Jazz generasi ini juga hadir dalam versi hybrid yang menggabungkan mesin 1.5L dengan motor listrik dan transmisi e-CVT.
Meskipun menawarkan efisiensi dan fitur modern seperti panel digital, sistem infotainment layar besar, dan Honda Sensing (fitur keselamatan aktif), desainnya dianggap tidak sesuai dengan selera pasar Indonesia. Alhasil, Honda Prospect Motor memilih untuk tidak menjualnya secara resmi di Indonesia.
Sebagai solusi atas hilangnya Jazz dari lini produk, Honda memperkenalkan City Hatchback RS pada tahun 2021. Model ini dikembangkan khusus untuk pasar Asia Tenggara dan disebut-sebut lebih sesuai dengan preferensi pasar Indonesia dibandingkan Jazz generasi keempat.
Dengan desain sporty, fitur-fitur canggih, dan performa yang mirip dengan Jazz RS sebelumnya, City Hatchback RS secara resmi menggantikan posisi Jazz dalam portofolio Honda Indonesia.
Baca Juga: 18 Mobil Bekas Harga di Bawah 100 Juta Pilihan Caroline.id, Terbaru!
Meskipun Honda Jazz tidak lagi diproduksi baru, mobil ini tetap menjadi favorit di pasar mobil bekas. Setiap generasi Jazz menawarkan karakter dan keunggulan tersendiri, baik dari sisi desain, fitur, maupun performa. Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan membeli Honda Jazz bekas, artikel ini bisa menjadi panduan lengkap dalam memilih generasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.
Jika kamu mencari hatchback yang praktis, efisien, dan bernilai jual tinggi, Honda Jazz tetap menjadi salah satu pilihan terbaik di pasar mobil bekas Indonesia.
Membeli mobil bekas akan lebih tenang dan aman jika kamu memilih platform yang terpercaya. Caroline.id menyediakan berbagai pilihan mobil bekas bergaransi dengan inspeksi ketat, sehingga kamu tidak perlu khawatir soal kondisi unit. Setiap mobil di Caroline.id telah lulus inspeksi 150 titik oleh tim profesional – dijamin bebas bekas tabrakan besar dan banjir.
Selain itu, Caroline.id memberikan Garansi 7G+ 1 tahun yang mencakup 7 komponen utama kendaraan (mesin, transmisi, AC, sistem kemudi, sistem penggerak, sistem kelistrikan, dan rem). Ada pula jaminan 5 hari uang kembali 100% apabila mobil yang kamu beli tidak sesuai seperti yang kami janjikan.
Jadi, tunggu apalagi? Jika kamu sedang mencari Honda Jazz dengan DP mulai 5 juta, kunjungi Caroline.id dan temukan pilihan mobil terbaik sesuai kebutuhan kamu. Tanya-tanya ke WhatsApp kami sekarang!
Review Generasi Honda Brio dari Masa ke Masa Lengkap
23 Jun 2025Kenapa Daihatsu Sirion Kurang Laku di Indonesia dan Masih Depertahankan?
23 Jun 2025Harga Suzuki Ignis Baru dan Bekas serta Spesifikasinya
23 Jun 2025Generasi Honda Jazz di Indonesia dan Alasan Penghentian Produksinya
23 Jun 2025Review Generasi Toyota Yaris dari Masa ke Masa, Mana yang Terbaik?
23 Jun 2025Review Setiap Generasi Toyota Innova dari Masa ke Masa Lengkap!
19 Jun 2025Ikuti Kami
Terpopuler
Review Generasi Honda Brio dari Masa ke Masa Lengkap
Bedah Mobil | 23 Jun 2025Kenapa Daihatsu Sirion Kurang Laku di Indonesia dan Masih Depertahankan?
Bedah Mobil | 23 Jun 2025Harga Suzuki Ignis Baru dan Bekas serta Spesifikasinya
Bedah Mobil | 23 Jun 2025Generasi Honda Jazz di Indonesia dan Alasan Penghentian Produksinya
Bedah Mobil | 23 Jun 2025Review Generasi Toyota Yaris dari Masa ke Masa, Mana yang Terbaik?
Bedah Mobil | 23 Jun 2025Jual Beli Bergaransi!
Proses serba cepat dan transparan. Inspeksi cepat 30 menit dan gratis kemudian team kami akan memberikan penawaran harga sesuai hasil inspeksi. Jika sepakat jual, pembayaran akan langsung ditransfer ke rekening Anda kurang dari 1 jam.